KPU Mura Terima Berkas Pendaftaran Pencalonan Akmal – Triono

MUSI RAWAS — Bakal pasangan calon (paslon) bupati dan calon wakil bupati jalur independen Akmaludin Mustofa dan Triono mendaftar langsung ke KPU Musi Rawas. Jumlah dukungan yang diserahkan bakal paslon Akmaludin-Triono sebelum verifikasi faktual sebanyak 30.735 dukungan yang tersebar di delapan kecamatan se-Kabupaten Mura, Minggu (23/2).


Menurut Ketua KPU Mura, Anasta Tias menjelaskan bahwa setelah berkas diterima, tim verifikasi KPU Mura langsung melakukan pengecekkan dan penghitungan syarat minimal dukungan dan sebaran yang telah diserahkan oleh bakal calon. Selain menghitung, lanjut dia tim verifikasi juga melakukan penyesuaian antara hard copy dukungan dengan soft file dukungan yang telah diinput dalam aplikasi pencalonan (Silon).

“Tim verifikasi menyelesaikan seluruh proses penghitungan dan pengecekan dokumen,” jelas Anas.

Sementara, Komisioner KPU Mura Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Apandi menjelaskan, pengitungan dan pengecekkan dukungan tersebut, merujuk pada ketentuan PKPU nomor 18 tahun 2019.

“Kami masih melakukan verifikasi, Tim verifikator sendiri terdiri atas jajaran staf dan karyawan KPU Mura. Dibagi menjadi delapan tim yang telah kami berikan bimbingan teknis (bimtek) sebelumnya,”katanya

Dijelaskannya, setelah hasil verifikasi dinyatakan terpenuhi, bakal paslon yang telah menyerahkan syarat dukungan akan menerima berita acara (BA) sebagai syarat mendaftar pada Juni 2020. Namun, jika tidak memenuhi, bakal paslon secara otomatis kami anggap mundur atau gugur di jalur independen.

” Tahapan pengecekan jumlah minimal dukungan dan sebaran sesuai tahapan dimulai pada 19-26 Februari 2020, Untuk tahapan verifikasi administrasi dimulai pada 27 Februari sampai 25 Maret 2020,” ungkapnya

Berdasarkan pantauan, kedatangan bakal paslon Akmaludin-Triono beserta rombongan disambut oleh Ketua dan Komisioner KPU Mura, iba di Kantor KPU Mura sekitar pukul 16.00 WIB.
Turut hadir dalam penyerahan syarat dukungan bakal paslon perseorangan tersebut, Ketua dan Komisioner Bawaslu Mura beserta staf, jajaran Polres Mura, puluhan pendukungnya.(TG)