Mengenal Sosok Haji Mulyana, Guru Agama dan Bapak Koperasi Musi Rawas

MUSIRAWAS, Liputanmusi.com – H Hendra Gunawan (H2G) sudah memutuskan memilih H Mulyana sebagai pendampingnya (calon wakil bupati) di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Musirawas tahun 2020. Siapakah H Mulyana sehingga dipilih oleh calon petahana Kabupaten Musirawas untuk mendampinginya ini?. 

H Mulyana lahir 24 Juli 1962 di Sleman, Jogjakarta dan sudah lama menetap di Kabupaten Musirawas dengan alamat Kelurahan P2 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musirawas. Riwayat pendidikannya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sosokan I Mlati Sleman tahun 1976. Kemudian melanjutkan di SMP Muhammadiyah Gendol Sleman angkatan 1980 dan pada tahun 1983 menamatkan pendidikan di PGA Negeri Yogyakarta.

Memasuki tahun 1984, dia hijrah ke Kabupaten Musirawas dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai guru agama Islam di SDN Purwodadi Kabupaten Musirawas. Kurang lebih 10 tahun menjadi guru, dia kemudian diangkat menjadi Kepala Sekolah ditempatnya mengajar tersebut, dari tahun 2003 – 2012.

Selanjutnya pada tahun 2012-2019, H Mulyana diangkat menjadi Pengawas Bidang Study Agama Islam, di kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Sumber Harta dan Kecamatan Megang Sakti. Dan pada tahun 2019 -2020, diangkat menjadi Pegawas Guru Agama di Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Megang Sakti.

Selain mengabdi sebagai seorang guru, H Mulyana juga aktif dibidang koperasi. Dimana pada tahun 1985-1986, terdaftar sebagai anggota Koperasi RIAS di P1 Mardiharjo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musirawas. Setahun kemudkan dia menjadi pengurus dan kemudian diangkat sebagai panitia kredit di koperasi tersebut. Beberapa jenjang karier di koperasi RIAS pernah diembannya, hingga akhirnya pada tahun 2005 sampai sekarang dia menjadi Manajer Koperasi KSP RIAS.

Sementara itu, saat dimintai tanggapan karena dipilih oleh H Hendra Gunawan untuk menjadi pasangan pada Pemilukada Kabupaten Musirawas tahun 2020, H Mulyana mengatakan, dia berterima kasih atas kepercayaan tersebut.

“Kami terima kasih kepada pak Hendra yang percayai kami untuk Musirawas (jadi wakil) dan terimakasih juga kepada masyarakat Musirawas yang percayai kami untuk dampingi pak Hendra,” kata H Mulyana.

Dikatakan, saat diminta untuk menjadi wakil dari H Hendra Gunawan, dia sudah menghimpun keluarga besarnya. Dan menrutnya, keluarganya sudah merestui keputusannya untuk mendapingi H Hendra Gunawan. “Restu isteri itu yang pertama, anak, keluarga dan sahabat sudah kami kumpulkan, tinggal mengambil langkah selanjutnya,” katanya.

Menurutnya, dia bersedia untuk berpasangan dengan H Hendra Gunawan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan. Antara lain, sosok H Hendra Gunawan menurutnya sosok yang baik dan memiliki kemiripan dengan kepribadiannya.

“Pak Hendra bagus. Hampir sama dengan kami, pikirkan kemaslahatan umat, berjuang tingkatkan ekonomi kerakyatan, tak bedakan suku agama dan golongan. Mudah-mudahan Allah meredoi langkah kami ini untuk membantu pak bupati,” katanya.  (*)

 

• Putra sihombing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *