Mahasiswi UNPARI Sosialisasikan Permainan Tradisional Lompat Tali

 

LUBUKLINGGAU – Lompa tali adalah sebuah permainan yang sangat populer pada zamannya satu orang atau lebih, melompati sebuah tali yang dikibas-kibaskan sehingga kibasan tali tersebut melintasi bagian bawah kaki mereka dan atas kepala yg mereka.

Salah satu rekan saya bernama endang bertanya sama adek-adek dari sekolah SMP 2, “ sebelumnya pernah gak adek pernah bermain tradisional ini, di jawab oleh salah satu adek” Iya kak kami sering bermain lompat tali ini dari masa SD hinga sekarang jawab dari adek.

Kami merasa bangga sebagai calon pendidik bangsa Indonesia melihat adek- adek masi melestarikan permainan tradisional ini, di zaman canggih ini mereka masi bermain tradisional, jarang sekali anak- anak zaman sekarang masi bermain tradisional ini, bangga rasanya mendengar perkataan mereka, ujar dari mahasiswa universitas PGRI silampari.

Permainan lompat tali terdapat beberapa jenis yaitu: gaya bebas tunggal, kecepatan tunggal, pasangan, kecepatan tiga orang, dan gaya bebas tiga orang

Cara bermainnya:
Permainan lompat tali dapat di mainkan bersama sama jumlah pemain antara 3 orang bahkan bisa lebih, lompat tali juga dapat di mainkan sendirian.Pada permainan yang berkelompok, pemain lompat tali di bagi menjadi dua peran, peran pertama sebagai pemegang tali, dan peran kedua sebagai pelompat tali.Alat bermain lompat tali ini juga sangat simple yaitu tali yang terbuat dari bahan karet. Permainan lompat tali biasanya sering di mainkan di sekolah-sekolah atau juga di rumah bersama teman-teman.

Manfaat bermain lompat tali:
Lompat tali termasuk olahraga yang ringan dan mudah di mainkan bagi anak-anak maupun yang udah dewasa, lompat tali dapat melatih perkembangan motorik yangbersifat masih kasar. Orang-orang yang bermain lompat tali akan memiliki otot-otot yang padat dan kuat.

Febri HR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *