Pentingnya Meningkatkan Latihan Tehnik Dan Latihan Kondisi Fisik Secara Seimbang Dalam Permainan Hockey

 

LUBUKLINGGAU – Permainan hockey adalah permainan yang kemenangannya dihitung dari banyaknya bola masuk ke gawang lawan yang masing-masing pemainnya membutuhkan kelengkapan kondisi fisik dan keterampilan bermain yang baik guna untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi. Komponen kondisi fisik antara lain, kekuatan, daya tahan, daya ledak otot, kecepatan, koordinasi, fleksibilitas, kelincahan, keseimbangan, ketepatan, dan reaksi.

Tujuan permainan hockey adalah untuk mengetahui sumbangan power otot lengan, kekuatan genggaman, fleksibilitas pergelangan tangan, dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan tembakan penalti pada hockey. Sumbangan kekuatan tungkai lebih besar dibandingkan dengan variable-variabel yang lain, untuk itu para pelatih diharapkan dapat meningkatkan kekuatan tungkai dengan cara latihan secara rutin dan terprogram dengan baik hal-hal yang dapat meningkatkan kekuatan tungkai seperti sqoat jump, serta push up untuk meningkatkan power otot lengan. Bagi para pemain hockey hendaknya meningkatkan latihan teknik dan latihan kondisi fisik secara seimbang karena teknik yang baik tanpa diimbangi kondisi fisik yang baik akan menghasilkan tembakan penalti yang kurang maksimal.

Manfaat permainan hockey dalam kondisi fisik yang dominan digunakan olahraga hockey diantaranya kelincahan, kecepatan, kekuatan, daya tahan aerobik dan anaeobik, power otot tungkai dan power otot lengan, sedangkan untuk keterampilan bermain yang paling menonjol dan penunjang prestasi adalah bidikan ke gawang (shooting) yang biasanya menggunakan teknik push, hit, slap shot, drive, dan sweep.

Penulis: Intan (6020011)
Mahasiswa Univeristas PGRI Silampari Pendidikan Rekreasi Olahraga.
Dibimbing Oleh Dosen Pengampuh: Wawan Syaputra M.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *