SD Negeri 60 Lubuklinggau laksanakan Kegiatan In House Training

LUBUKLINGGAU – Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sudah menjadi keharusan yg harus segara di laksanakan di SD Negeri 60 Lubuklinggau, sesuai dengan dengan Platform Merdeka Mengajar, beradasarkan Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Menindaklanjuti tersebut, Satuan Pendidikan SD Negeri 60 Lubuklinggau akan melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri dengan pilihan Mandiri Berubah mulai tahun ajaran 2023/2024 serta menerapkan kurikulum merdeka di SD Negeri 60 Lubuklinggau. Caranya menggunakan perangkat ajar yang telah disediakan dalam Platform Merdeka Mengajar sesuai dengan jenjang satuan Pendidikan.

Perangkat ajar untuk sekolah dasar yaitu kelas 1 dan 4 dengan memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dan guru untuk jalur mandiri berubah, dalam rangka memperkuat pengetahuan guru guru SD Negeri 60 Lubuklinggau maka timbulah Gagasan Gagasan pelaksanaan kegiatan In House Training (IHT) Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 60 Lubuklinggau, Ujar Lendri Alpikar, SPd, Pelaksana Tugas Kepala Sekolah SD Negeri60 Lubuklinggau.

Kegiatan In House Training (IHT) Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 60 Lubuklinggau dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 27 Juli 2023 di SD Negeri 60 Lubuklinggau, dengan peserta dewan guru SD Negeri 60 Lubuklinggau, sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Supriyadi, M.Pd dari SD Negeri 58 Lubuklinggau, yang juga sebagai Trainer IKM sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi,. Narasumber Selanjut adalah Bapak Lakoni Alamsyah , S.Pd dan Bapak Sudirman, SPd, selaku Pengawas TK/SD/ MI kota Lubuklinggau. kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Sudirman, SPd selaku Pengawas Pembina SD Negeri 60 Lubuklinggau.

Plt. Kepala Sekolah Dasar Negeri 60 Lubuklinggau, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan diselenggerakannya kegiatan In House Training (IHT) Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 60 Lubuklinggau adalah sebagai nutrisi dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka diinternal satuan pendidikannya, Khususnya guru kelas 1 dan 4, selanjutnya Guru guru diharapkan melakukan kegiatan kegiatan tambahan secara mandiri, bergabung dengan komunitas belajar merdeka serta memperbanyak literasi terkait dengan kurikulum merdeka.

materi materi yang di sampaikan oleh narasumber pada kegiatan tersebut meliputi materi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Platform Merdeka Mengajar (PMM), materi penyusunan perangkat ajar dan dilanjutkan praktik pembuatan modul ajar.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat sesi kegiatan dimana pesrta mempresentasikan modul ajar yag telah dibuat oleh peserta sekaligus memberikan evaluasi, saran masukan dari peserta lain, dan kegiatan In House Training (IHT) Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka SD Negeri 60 Lubuklinggau pada Sesi terakhirnya diakhiri dengan refleksi yang disampaikan semua peserta serta foto Bersama dengan narasumber. (Nas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *