Miris, Jembatan Lapuk Akses Puluhan Anak Sekolah

 

REJANG LEBONG – Sangat miris dan prihatin atas kerusakan jembatan Sungai Semumai akses Jembatan penghubung antara Desa Lubuk Belimbing 1 dengan Desa Lubuk Belimbing 2 Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI ) Kebupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu .

Kenapa tidak jembatan yang rusak itu rupanya pagi dan siang di lintasi oleh anak sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMA) .

Tidak tanggung tanggung puluhan anak sekolah itu harus melintas pagi dan siang untuk bersekolah baik di Desa Lubuk Belimbing 1 mau pun ke SMA yang ada di Kecamatan SBi .

Perlu di ketahui puluhan anak sekolah itu kebanyakan warga Desa Lubuk Belimbing 1 yang menetap dan membangun rumah di sepanjang poros jalan penghubung menuju ke Desa Lubuk Belimbing 2 ,mayoritas pagi sore jembatan yang rusak itu tiap hari di lintasi warga tersebut .

Selain itu ,akses jembatan yang rusak itu juga di lintasi tiap pagi dan sore oleh tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari Puskesmas SBi menuju ke Desa Lubuk Belimbing 2 dan Lubuk Bingin Baru .

Sarkawi Selaku tokoh pemuda di Kecamatan SBI sangat menyangkan lambatnya pemerintah melakukan pe-rehaban jembatan tersebut .

“Mengingat Jembatan Semumai itu merupakan akses satu satunya jalan penghubung dua desa yakni Desa Lubuk Belimbing 1 dengan Lubuk Belimbing 2 ,mengingat akses jalan itu akses terdekat “,ujar Sarkawi .

Kalau jalan lain itu memang ada namun aksesnya sangat jauh ,seperti jalan melintasi Kecamatan Kota Padang Aksesnya lebih dari 6Km dan juga melalui dari Desa Priang aksesnya mencapai 3 Km lebih ,”jelasnya .

“Jembatan itu harus segera di perbaiki sebab jembatan yang milik Pemda Rejang Lebong itu sudah sangat lama tidak di lakukan perbaikan ,itu saja bisa di lalui itu karen swadaya masyarakat jika tidak jembatan itu kemungkinan tidak dapat di lalui lagi ,”terangnya .

Kita berharap jembatan yang rusak serta lapuk itu cepat di lakukan perbaikan sebelum memakan korban jiwa ,mengingat tiap hari puluhan anak sekolah melintas di jembatan itu ,baik pagi dan sore ,”ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong ini .

Terpisah Kepala Desa Lubuk Belimbing 1 Anton saat di hubungi media ini ,Selasa
26/10 2021 siang ,mengatakan bahwa dirinya mendapatkan informasi dari pihak PU kabupaten Rejang Lebong bahwa jembatan Sungai Semumai itu akan di lakukan pe-rehaban .

“Ya kita mendapatkan kabar akan ada pe-rehaban ,kemungkinan di bulan November 2021 ini ,”kata Anton .

“Ya kalau ada pe-rehaban itu yang kita tunggu ,karena jembatan itu merupakan jembatan milik Kabupaten Rejang Lebong ,”tutupnya .(Grng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *