Sumber Dana PEN, Telan Dana 21 Miliar Jalan Moch Hasan Telah Rusak

LUBUKLINGGAU – Lagi, pembangunan infrastruktur di Kota Lubuklinggau yang menggunakan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada Tahun Anggaran 2021, telah mengalami kerusakan. Kamis (28/07/2022).

Terpantau, kerusakan tersebut terjadi pada Peningkatan jalan Mochammad Hasan, Kota Lubuklinggau, yang dianggarkan menggunakan dana pinjaman PEN sebesar 21 Miliar.

Pembangunan yang belum genap 1 tahun itu telah rusak di beberapa bagian badan jalan, bahkan tampak badan jalan tersebut turun dan mengalami keretakan yang cukup besar.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga (Kabid BM) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Lubuklinggau, kerusakan jalan tersebut disebabkan adanya pipa PDAM yang bocor saat sebelum pengecoran.

“saat sebelum pengecoran ada pipa PDAM bocor, jadi ada penggalian perbaikan pipa, jadi pondasi bawah tanah turun. Dalam waktu dekat akan diperbaiki.” Kata Pahni Hastera, Kabid BM Dinas PUPR Lubuklinggau.

Sementara itu, disisi lain, Hadi Purwanto selaku Direktur PDAM Lubuklinggau mengakui belum mengetahui adanya kerusakan pipa PDAM yang seperti dinyatakan oleh Kabid BM Dinas PUPR Lubuklinggau kepada Liputanmusi.com.

“Lokasi yang dimana di Jalan Mochammad Hasan. Nanti kami cek dulu.” Ujar Hadi.

Peningkatan jalan Mochammad Hasan, Kota Lubuklinggau diketahui di anggarkan Pemerintah Kota Lubuklinggau pada Tahun Anggaran 2021 melalui Dinas PUPR Lubuklinggau dengan nilai anggaran sebesar 21 Miliar, bersumber Pinjaman Dana PEN. Pembangunan ini di laksanakan oleh PT. Sukses Abadi Kontrindo.

Seperti diketahui, dana PEN merupakan dana yang dikucurkan oleh Pemerintah pusat guna memulihkan ekonomi nasional pasca dampak Covid-19. Kota Lubuklinggau sendiri mendapatkan kucuran pinjaman dana PEN sebesar 125 Miliar.

Putra Sihombing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *