Dugaan Main Mata Oknum Pejabat Pemkab Bogor di Proyek Jasa Konsultan

 

BOGOR – Center for Budget Analysis menduga ada hubungan spesial antara oknum pejabat Pemerintah Kabupaten Bogor dengan beberapa perusahaan jasa konsultan. Warga Bogor patut curiga, karena berdasarkan temuan CBA, setiap tahunnya berbagai proyek jasa konsultan Pemkab Bogor diborong oleh perusahaan itu-itu saja.

Contohnya CBA mencatat satu perusahaan yakni CV. Rompok Raos Dimensi CV RRD yang beralamat; Alam Tirta Lestari Blok A1/10 Pagelaran Kabupaten Bogor
menjalankan sedikitnya 19 proyek jasa konsultan di tahun 2023.

Hal ini menunjukan, ada indikasi praktik perusahaan favorit oleh oknum pejabat Kabupaten Bogor dalam pelaksanaan sejumlah proyek jasa konsultan di Kabupaten Bogor selama tahun 2023.

Selain dugaan praktik perusahaan favorit, CBA juga mengendus modus atau trik yang dilakukan oknum pejabat Pemkab Bogor, guna memenangkan perusahaan tertentu. Oknum pejabat Bogor diduga memecah proyek jasa konsultan, dengan tujuan pengadaan tersebut dapat dilakukan dengan Pengadaan Langsung. Dengan begitu, oknum pejabat Pemkab Bogor dapat bebas menunjuk perusahaan favoritnya.

Berdasarkan temuan ini, CBA meminta APH khususnya Kejari Kabupaten Bogor untuk segera melakukan penyelidikan atas pelaksanaan proyek jasa konsultan.
Jika dugaan praktik penyimpangan jasa konsultan tetap dibiarkan konsekuensinya sangat berat, karena dipastikan kualitas proyek utama yang dikerjakan berpotensi terjadi penyimpangan.

Jajang Nurjaman
Koordinator CBA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *