Viral, Warga Musi Rawas Berenang Dikubangan Jalanan Berlubang

 

Musi Rawas – Viral di media sosial video yang memperlihatkan aksi warga berenang di kubangan air coklat di jalan-jalan yang berlubang di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Video berisi kritikan soal jalan rusak ini tepatnya terjadi di Jalan Wisata Danau Gegas menuju Kecamatan Sukakarya.

Dalam video berdurasi singkat tersebut yang ditayangkan secara live di akun media sosial, seluruh badan warga tersebut bahkan sampai tenggelam dalam kubangan karena dalamnya lubang di jalan tersebut.

Menurut Koordinator LSM PEKO (Pelawe Bersatu) yang mana menjadi aktor dalam video tersebut, Andy Lala mengatakan, ini merupakan kritikan, dan sengaja dibuat karena sudah terlanjur resah dengan rusaknya jalan yang tidak kunjung diperbaiki.

” Karena infrastruktur jalan itu vital, nomor 1 bagi masyarakat karena ini menyangkut aktivitas ekonomi mereka,” ujarnya, Rabu (25/05/2022).

Menurut Andy Lala, bagaimana pun, kondisi jalan yang rusak memang seharusnya cepat dilakukan perbaikan.

Jika dibiarkan, kritikan-kritikan liar seperti ini akan semakin banyak beredar di media sosial.

Masih dikatakan Andy Lala, kritikan tersebut juga bisa disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat.

Oleh karenanya, transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Musi Rawas harus lebih dikedepankan oleh pemerintah.

Di zaman serba digitalisasi sekarang ini, pemerintah daerah, seharusnya sudah bisa menerapkan e-budgeting untuk setiap pembangunan.

E-budgeting ini pun harus bisa diakses dan diketahui masyarakat cukup dengan gadgetnya masing-masing.

Sehingga, masyarakat bisa mengetahui, kapan jalan tersebut akan diperbaiki, dan lain sebagainya.

” Termasuk agar masyarakat bisa tahu apakah ini jalan kewenangannya di pemerintah daerah, provinsi, pusat, atau bahkan ini adalah jalan desa, seharusnya pemerintah Kabupaten Musi Rawas harus lebih tanggap dan mencari strategi untuk pembangunan jalan tersebut, apa lagi Bupati Musi Rawas ada janji politik ‘Jalan Mulus Satu Periode’, jika melihat kondisi seperti ini kami menghawatirkan hal ini sulit untuk terealisasi,” ujar Andy.

Di dalam video, salah satu warga yang sedang melintas di jalan tersebut Zainudin, menuturkan bahwa sudah lama warga setempat menantikan perbaikan jalan.

” Kami sangat berharap, agar pemerintah segera membangun jalan ini, karena jalan ini merupakan akses perekonomian kami sehari-hari,” harap Zainudin. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *